Translate

Thursday 22 May 2014

Cara Menulis Skripsi Dengan Mudah Dan Cerdas

Penelitian berbasis akademis sejenis skripsi menjadi momok menakutkan bagi sebagian kalangan mahasiswa tingkat akhir, tak pelak ada sebagian mahasiswa mencari jalan pintas dengan men-jokikan pembuatan skripsi kepada seseorang. Hal itu dilakukan tak lain demi menyandang sebuah gelar strata kesarjanaan. Gelar kesarjanaan menjadi hal utama untuk diraih bagi sang mahasiswa. Meskipun jalan yang dilakukannya secara tidak langsung membuat keterbelakangan akademis maupun analis kreatifnya.
Ada beberapa alasan sebetulnya mengapa menulis skripsi terasa terbebani oleh sebagian mahasiswa. Menurut penulis, pertama tak mengerti tujuan substansi masalah skripsi, kedua minimnya wawasan tentang penelitian ilmiah (metode penelitian skripsi), ketiga kurangnya daya minat menulis, keempat minimnya pengetahuan menulis secara ilmiah, kelima malas.
Untuk mengatasi hal-hal di atas, ada beberapa trik serta tips mempermudah bagaimana cara menulis skripsi dengan mudah. Sepengalaman penulis ketika menjadi joki akademis ada dua yang harus dibedah terlebih dahulu untuk mengatasi hal di atas. Pertama mulailah fokus pada persoalan substansi (isi) masalah skripsi, kedua latihlah tangan dengan menulis secara ilmiah (fokus pada teknis penulisan).


Dua masalah di atas sangat fatal jika tidak dimengerti bagi mahasiswa tingkat akhir, karena sering kali mereka mengabaikan hal ini, namun dalam perjalanannya ketika melakukan uji seminar proposal atau bimbingan skripsi, judul skripsi tak ada masalahnya, atau penulisan terlihat rancu atau tidak jelas dan banyak lagi yang lainnya. Alhasil Judul Skripsi mereka ditolak habis-habisan oleh dosen seminar proposal atau dosen pembimbing. Awalnya sang mahasiswa mempunyai tekat dan semangat yang tinggi namun ketika judulnya ditolak semangat itu hilang mendadak dangdut atau mulai disorientasi spirit bagi mahasiswa semester akhir. Maka dari itu sebelum melangkah lebih jauh dalam pembuatan skripsi alngkah lebih baiknya pahami terlebih dahulu 2 persoalan ini.
Agar mempermudah mengatasi dua persoalan di atas, pertama  mulailah fokus pada persoalan substansi (isi) masalah skripsi. Maksudnya adalah jika kita hendak melakukan penelitian skripsi minimal harus menyertakan sebuah pokok permasalahan yang hendak dibahas, contohnya dalam menggunakan metlit kualitatif maka mesti ada Variable masalah yaitu analisis antara das sein (fakta) dan das sollen (norma) berbeda tujuaanya atau kewenanngannya. Contohnya Judul skripsi:
Peran Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Dalam Mengatasi Kekerasan Seksual Terhadap Anak.”
Variable A: Norma: KPAI mempunyai kewenangan dalam mengupayakan perlidungan bagi seluruh anak Indonesia dalam kasus-kasus kriminalitas terlebih kasus kekerasan seksual.
Variable B: Asumsi (hipotesa) Fakta: namun dalam beberapa pristiwa kekerasan seksual yang terjadi pada anak di beberapa daerah, KPAI seolah tidak mempunyai peran dalam mengupayakan perlidungan anak dalam kasus kekerasan seksual.
Contoh lain dari Variable kualitatif yaitu bisa juga antara norma (teori) dengan norma (teori) berbeda pandangan. Contoh dari ini banyak sekali bagi penelitian sosial misalnya, judul skripsinya:
“Perbandingan Teori Penciptaan Alam Semesta Menurut Ibn Sinna dan Steven Hawking.”
Variable A: Teori Ibn Sinna mengatakan bahwa alam semesta diciptakan melalui konsep teori emanasi. Hal ini bisa dibuktikan dengan pernyataan beliau dalam…………….
Variable B: Teori Steven Hawking mengatakan bahwa alam semesta diciptakan karena ada proses gravitasi, hal itu bisa dilihat dari pernyataannya ……………………..

Masalah lain dari sulitnya pembuatan skripsi adalah minimnya pengetahuan menulis secara ilmiah. Untuk mempermudah dalam mengatasi hal ini yaitu tak lain harus banyak melihat skripsi-skrips dan tulisan-tulisan berstandar ilmiah. Maksudnya adalah penulisan ditulis dengan menggunakan EYD, dengan mengetahui tata letak kalimat, berpola, mengetahui tata letak kalimat penegas, kalimat argumentatif, penghubung, logika bahasa dan sejenisnya. Cara ini akan didapatkan jika kita sering membaca dan mecoba sesering mungkin menulis dengan melihat contoh-contoh yang ada.
Itulah sekelumit tips dan trik cara membuat skripsi dengan mudah dan pasti diterima dari pengalaman penulis. Mudah-mudahan bermanfaat bagi sang calon sarjanawan/wisudawan. Sejelek-jeleknya karya tulis kita haruslah diapresiasi dan mulailai katakan tidak dengan namanya Plagiasi atau sejenisnya, ingat “everyone can do that. Maka dari itu lakukan semaksimal mungkin dan jangan lupa berdoa, maka hasil itu pasti ada.
Untuk pembahasan mengenai spesifikasi pembahasan bagaimana menulis Judul skripsi dengan baik, membuat Latar belakang masalah, Pembatasan masalah, Perumusan masalah, Metode Penelitian dan Cara Analisis Pembahasan Skripsi, insyallah saya akan membuat artikel yang mengenai semua itu akan datang. Jangan lupa tinggalkan komentar serta kritikannya. Salam damai dan hangat dari sang pecinta kesederhanaan …

** Daerobi

0 comments:

Post a Comment